Ilmu Sosial Dasar & Ilmu Pengetahuan Sosial (Pengertian,Tujuan,Persamaan & Perbedaan)

haloo sobat blogger..lama tidak berjumpaa, Alhamdulillah atas izin tuhan yang maha esa saya dapat melanjutkan pendidikan lebih tinggi di universitas dan tetap kunjungi terus blog saya karena akan ada update materi-materi seputar mata kuliah :3

Okee tidak usah basa basi lagi, Pada pertemuan kali ini saya Pratama Rajaqi Nurinsyah akan membahas mengenai "Ilmu Sosial Dasar & Ilmu Pengetahuan Sosial" apa saja pembahasan di dalamnyaa??okee simak pembahasan berikutt...





1. Pengertian ISD & IPS 

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang membahas masalah-masalah sosial,khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

Pengertian Ilmu Sosial Dasar menurut para ahli:

LEWIS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya.

KEITH JACOBS
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas.

RUTH AYLETT
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.

Ilmu Pengetahuan Sosial atau  social studies  merupakan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan  masyarakat. di Indonesia pelajaran ilmu pengetauan sosial disesuaikan dengan berbagai prespektif  sosial yang berkembang di masyarakat.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial menurut para ahli:
  • SOMANTRI

IPS adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.

  • MULYONO TJ

IPS adalah suatu pendekatan interdisipliner (inter-disciplinary approach) dari pelajaran ilmu-ilmu soial, seperti sosiologi antropologi budaya, psikologi sosial,sejarah, geografi, ekonomi, politik, dan sebagainya.

2. Tujuan ISD & IPS





Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang diberikan di Perguruan Tinggi.

  Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diajarkan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk meneliti gejala-gejala sosial agar nalar mahasiswa dalam kepekaan masyarakat sosial berkembang.

➧Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah social yang ada dalam masyarakat.

➧Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.

➧Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.

➧Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

Tujuan Utama Social Studies adalah membantu generasi muda mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keputusan yang rasional sebagai warga masyarakat yang beraneka budaya, masyarakat demokratis dalam dunia yang saling berketergantungan (NCSS, 2008:2) National Council of the social studies)). Sedangkan menurut KTSP tahun 2006 tujuan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:

➧Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan.

➧Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri,memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.

➧Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial kemanusiaan.

➧Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk dan ditingkat lokal, nasional dan global.

3 Kelompok Ilmu Pengetahuan

1. Ipa Murni ( Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi)

2. Pengetahuan Ips ( Sosiologi, Politik, Ekonomi, Sejarah, Psikologi )

3. Kemasyarakatan ( Bahasa, Agama, Kesenian, Sastra )

3. Perbedaan ISD & IPS


➧Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.

➧Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).

➧Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

4. Persamaan ISD & IPS

➧Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.

➧Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.

➧Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

5. Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar



     Materi Ilmu sosial Dasar atas masalah-masalah sosial.Untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasikan kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.

Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu sosial Dasar dapat dibedakan atas tiga golongan yaitu masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan berikut jelasnya:

➧Masalah individu,keluarga dan masyarakat.

➧Masalah pemuda dan sosialisasi.

➧Masalah hubungan antara warga negara dan negara.

➧Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.

➧Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.

➧Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integritas.

➧Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraaan rakyat

6. 3 Golongan Bahan Pembelajaran ISD


➧Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat.Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya.

➧Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.

➧Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

YAKK begitulah sedikit pembahasan tentang Ilmu Sosial Dasar & Ilmu Pengetahuan Sosial..mohon maaf bila ada kekurangan karna saya masih tahap belajar :) semoga bermanfaatt..

Source :