Pemanfaatan Komputer pada Bidang Teknik & Ilmu Pengetahuan

Hoho salam hangat untuk kalian semua, selamat beraktivitas dan semoga dalam keadaan baik baik saja..


Okee pada pertemuan kali ini saya membawa materi yaitu " Pemanfaatan Komputer pada Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan " okee langsung saja berikut penjelasannya...





BIDANG ILMU PENGETAHUAN

Penelitian dan Riset


Komputer sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia.

Para ahli biasanya akan mengadakan simulasi dengan komputer sebelum menguji coba sesungguhnya dari hasil temuannya, misalnya membuat model reaktor nuklir,membuat model-model atom dan molekul.

Komputer dapat juga digunakan untuk membuat model molekul-molekul, yang dapat ditampilkan secara grafik pada layar komputer. Melalui grafik ini, ahli kimia dapat mengamati bagaimana molekul-molekul tersebut beraksi bila dipengaruhi oleh lingkungan luarnya. Manipulasi dari molekul-molekul secara grafik dengan menggunakan komputer akan menghemat waktu dan biaya.

Pengetahuan Alam

Komputer juga bisa digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya. Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol computer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril.

Geologi

Komputer juga dipergunakan pada bidang geologi untuk mempelajari keadaan tanah serta contour dari suatu daerah.

BIDANG TEKNIK


Teknik Bangunan

Aplikasi program komputer di bidang teknik bangunan merupakan upaya penyelesaian permasalahan yang muncul sebagai hambatan atau tantangan dalam mendesain pengerjaan serta koreksi terhadap kerja yang telah di canangkan.

Misalnya seperti permasalahan pengujian kekuatan sebuah struktur dengan material baru, pemodelan aliran air sungai, penyebaran limbah dalam tanah.

Hingga tantangan untuk proyek yang dapat membahayakan jiwa seperti pemodelan pembangunan reaktor nuklir dan bendungan di lengkapi dengan faktor bahaya yang mungkin terjadi seperti gempa bumi dan banjir bandang.

Teknik Sipil

Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga dimensi.

Pada suatu bidang teknik sipil, perhitungan konstruksi gedung tingkat tinggi yang rumit dapat diselesaikan oleh komputer. Insinyur teknik sipil hanya memasukkan data yang diperlukan saja dan komputer akan memberikan hasilnya. Perhitungan seperti ini bila dilakukan secara manual, sangat rumit, kebanyakan metode penyelesaiannya adalah trial and error dan akan memakan waktu yang lama. Kalau dengan komputer akan lebih cepat dan lebih tepat.

Teknik Elektronika

Bidang teknik elektronika memiliki beberapa macam software yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaanya. Berikut adalah contoh dari penerapan komputer dan contoh software yang digunakan dalam bidang elektronika :

1. Electronics Workbench, ini adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk melakukan simulasi terhadap rangkaian elektronik yang akan di buat. Aplikasi ini sangat membantu, karena software ini dapat mendeteksi kesalahan pada rangkaian yang akan dibuat setelah melakukan simulasi terhadap rangkaian itu.

2. Protel, ini adalah aplikasi khusus elektronika yang digunakan untuk membuat Layout atau pola dari rangkaian elektronika. Aplikasi yang serupa dangan Protel adalah PCB Designer.

3. Autocad, ini adalah aplikasi  untuk menggambar teknik, seperti teknik mesin, arsitektur, animasi, dan elektronika. Autocad sangat membantu bidang elektronika untuk membuat skema rangkaian elektronika dengan cepat dan akurat. Aplikasi yang penggunaannya hampir sama dengan Autocad adalah Microsoft Visio.

4. ISP (In System program), aplikasi ini digunakan untuk membuat program yang di komplasi dengan extension file .asm dari notepad yang berisi program untuk microcontroller dengan bahas pemograman assembly.

Penelitian dan Riset

Kecepatan dan ketepatan komputer sangat bermanfaat dalam pengolahan data pada aplikasi teknik. Komputer dapat menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat.

Perhitungan-perhitungan yang harus dilakukan secara trial and error (coba dan salah), yang biasanya sangat lama, sulit dan membosankan, sekarang telah dapat dialihkan tugasnya kepada komputer. Penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya bila dilakukan oleh manusia dan yang membutuhkan biaya yang besar,sekarang dapat dilakukan secara simulasi pada komputer.

Teknologi

Perjalanan ke ruang angkasa pasti akan menjadi impian sampai sekarang bila komputer tidak lahir di dunia. Untuk saat peluncuran saja, ribuan pekerjaan yang mendetail sudah harus dilakukan dan diawasi. Walaupun sudah ada sejumlah tenaga ahli yang cukup banyak, tanpa adanya bantuan komputer untuk mengontrol semuanya, pekerjaan tersebut hampir tidak mungkin dilakukan. 

Misalnya membuka katup-katup tertentu, mengaktifkan fungsi-fungsi tertentu dan memonitor segala kegiatan dari pesawat ruang angkasa yang akan dan sudah meluncur, merupakan tugas yang dilakukan oleh sistem komputer baik yang ada di stasiun bimu maupun yang ada di dalam pesawat tersebut.

Otomotif

Aplikasi dari Computer Aided Design (CAD), yaitu perancangan yang memakai bantuan komputer, sekarang mulai banyak digunakan untuk merancang bentuk-bentuk dalam bidang teknik, seperti misalnya perancangan bentuk mobil yang paling efisien dan efektif atau perancangan gedung atau susunan tata ruang dalam bidang arsitektur.

Okee sekian penjelasannya semoga bermanfaat :3 mohon maaf bila ada kekurangan karena saya masih dalam tahap pembelajaran....