TUGAS
Jupyter Notebook
Struktur Utama Jupyter dan Fungsinya
Pada dasarnya, Jupyter memiliki tiga struktur utama di
dalamnya. Masing-masing struktur memiliki fungsi masing-masing. O'Rielly
membaginya menjadi tiga bagian, yaitu:
1.
Front-end Notebook
Front-end
notebook membuat kita dapat mengedit atau menjalankan notebook lain. Front-end
adalah sebuah aplikasi JavaScript yang dikirimkan ke browser seperti aplikasi
web lainnya. Fungsi dari front-end notebook adalah menyimpan, mengelola, dan
mengirim notebook ke server jupyter.
2.
Jupyter Server
Server jupyter
adalah aplikasi yang berjalan di komputermu. Server sendiri
adalah program yang berfungsi untuk melayani komputer ketika terhubung ke
internet.
3.
Protokol Kernel
Protokol kernel memungkinkan server untuk melimpahkan tugas menjalankan kode menjadi berbagai bahasa. Kernel pada dasarnya adalah bahasa pemrograman. Contohnya seperti Phyton 2, Phyton 3, dan lain-lain.
Fitur-fitur di Jupyter
Jupyter memiliki
beberapa fitur dengan fungsinya masing-masing di dalamnya. RealPhyton
memilih beberapa kolom menu yang perlu diketahui dan
pelajari. Fitur-fitur tersebut terdapat di kolom menu. Menu di Jupyter
mengandung fungsi yang sama seperti kolom menu di aplikasi lainnya.
Di dalam menu
sendiri terdapat:
- File
Kolom File di
Jupyter berfungsi untuk membuat notebook baru atau membuka notebook yang
telah ada. Dan juga bisa mengubah nama notebook yang
telah dibuat. Selain itu, di kolom ini juga terdapat fitur Save
and Checkpoint yang berfungsi untuk membuat checkpoint lalu
kembali ke titik terakhir apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
- Edit
Kolom Edit Jupyter
bisa digunakan untuk melakukan cut, copy atau paste dari cell yang
ada. Fungsi kolom ini juga untuk membagi, menyatukan, atau menghapus cell.
Selain itu, kamu juga bisa mengorganisir susunan cell sesuai
yang kamu mau di kolom Edit ini. Perlu diingat, apabila
ada item di kolom ini yang berwarna keabuan, itu berarti tidak
bisa mengaplikasikan edit pada cell yang
dimaksud. Dapat memperbaikinya dengan mengubah tipe dari cell yang
ingin diedit.
- View
Kolom View di
Jupyter berfungsi untuk mengaktifkan atau mematikan terlihatnya header dan toolbar.Juga
bisa menyalakan atau mematikan Line Numbers di dalam cells.
- Insert
Kolom Insert di
Jupyter berfungsi untuk memasukkan cell di atas atau di
bawah cell yang dipilih.
- Cell
Kolom Cell membuatmu
bisa menjalankan satu, beberapa, atau bahkan seluruh cell yang
ada. Di kolom ini juga, bisa mengubah tipe dari cell yang
dipilih. Selain itu, kolom cell juga bisa membantu dalam
menghapus output dari cell yang telah
dikerjakan. Biasanya orang-orang melakuan ini untuk membagikan notebook nya
dengan orang lain. Sehinga, orang lain tersebut dapat menjalankan cell-nya
sendiri.
- Kernel
Kolom Kernel Jupyter
adalah untuk mengerjakan kernel atau bahasa pemrograman yang berjalan. Di
kolom ini, bisa melakukan restart, reconnect, mematikan, atau
mengganti kernel yang digunakan di notebook. Mungkin akan jarang
menggunakan kolom ini, tapi terkadang ada saat ketika harus melakukan
debug notebook dan mendapatkan kalau harus restart kernel-nya.
Nah, kolom ini berfungsi untuk hal tersebut.
- Widget
Kolom Widget Jupyter
memiliki fungsi untuk menambah atau menghapus widget yang
ada. Pada dasarnya, widget adalah JavaScript widget yang
digunakan untuk membuat konten cell kamu menjadi dinamis dengan
menggunakan Phyton atau Kernel yang lain.
- Help
Kolom terakhir di Jupyter adalah Help. Fungsi kolom ini digunakan ketika membutuhkan bantuan atau ingin mempelajari notebook kamu lebih dalam.
Artificial Intelligence untuk mendukung pembelajaran
Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan proses memodelkan cara berpikir manusia dan mendesain suatu mesin agar dapat berperilaku layaknya manusia atau istilah lainnya disebut cognitive tasks, yaitu bagaimana mesin bisa belajar secara otomatis dari data dan informasi yang sudah diprogramkan. Kecerdasan buatan dapat juga diartikan sebagai salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia.
Penggunaan kecerdasan buatan sadar atau tidak telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak aplikasi yang sudah menerapkan kecerdasan buatan sebagai kelebihan dari aplikasi tersebut. Contohnya seperti streaming video/musik, mesin pencarian (search engine), video game, Global Positioning System (GPS), media sosial, dll.
Kecerdasan buatan dapat digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran, melakukan asesmen, memberikan umpan balik pembelajaran, dll. Berikut beberapa contoh penerapan kecerdasan buatan untuk mendukung pembelajaran, yaitu :
- Intelligent Tutoring System (ITS) atau biasa dikenal dengan Intelligent Computer Aided Instruction adalah suatu sistem untuk menyediakan pengajaran yang dapat menyesuaikan dengan kemampuan siswa. Contohnya ITS berbasis Augmented Reality (AR) untuk materi geometri dimensi.
- Mentor Virtual
Kecerdasan buatan saat ini sudah banyak diterapkan pada berbagai platform teknologi pendidikan terutama yang berbasis daring, seperti mentor virtual. AI bisa memberikan umpan bali dari aktivitas belajar dan latihan soal para siswa, memberikan rekomendasi materi yang perlu dipelajari kembali layaknya seorang guru atau tutor.
Salah satu contohnya Blackboard https://www.blackboard.com/teaching-learning/learning-management/mobile-learning-solutions yang merupakan aplikasi yang banyak digunakan di perguruan tinggi di Eropa dan Amerika. Banyak digunakan oleh para professor/dosen untuk mempublikasi catatan, pekerjaan rumah, kuis, dan tes yang memungkinkan siswa dapat mengajukan pertanyaan dan tugas. Juga dapat digunakan untuk penilaian/asesmen.
- Voice Assistant memiliki kemiripan dengan mentor virtual. Hanya saja lebih mengandalkan fungsi suara sebagai pusat interaksi dan komunikasi. Contohnya Google Assistant (Google), Siri (Apple), Cortana, dan lainnya.
- Smart Content untuk membagi dan menemukan konten materi dan buku digital yang sudah diprogram secara virtual dengan lebih mudah dan cepat. Contoh umum penerapan teknologi ini terdapat di berbagai perpustakaan digital saat ini. Contoh teknologi smart content yang sudah dipakai seperti Cram101 memiliki fungsi memecah buku teks digital menjadi beberapa bagian spesifik. Sehingga buku tersebut bisa terdiri dari ringkasan bab, tes, dan sebagainya.
- Automatic Assessment
Salah satu contoh penerapannya adalah seperti fitur pembuatan kuis dan koreksi otomatis yang disediakan platform kejarcita (https://kejarcita.id/).
- Personalized Learning
Contoh penerapan yang sudah diterapkan yaitu Khan Academy (https://www.khanacademy.org/), Duolingo (https://www.duolingo.com/), Ruangguru (https://www.ruangguru.com/), dan lainnya.
- Game Edukasi adalah game yang didesain untuk belajar tapi tetap bisa menawarkan bermain dan bersenang-senang. Dan semua bentuk permainan yang dibuat, untuk memberikan pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemain-pemain permainan tersebut yang diberi muatan pendidikan.
SUMBER :
https://glints.com/id/lowongan/jupyter-adalah/
https://komnasdikkediri.or.id/artificial-intelligence-ai-untuk-mendukung-pembelajaran/